Resep Ayam Goreng Kalasan Istimewa

Kalau lapar pasti ingin makan, kalau terpikir makanan simpel namun istimewa pastilah ayam goreng, namun yang ini aya goreng kalasan yang istimewa. Ayam goreng Kalasan merupakan makanan yang kaya akan bumbu dan rempah-rempah asli Jawa dilengkapi dengan biji ketumbar dan keynote-nya yang khas. Aroma yang dihasilkan menyerupai dendeng tradisional Indonesia yang lezat. Pada mulanya ayam ini dimasak dengan cara yang bertujuan supaya bertahan cukup lama sehingga menjaja makanan ini bisa bertahan lama dan para wisatawan bisa menyimpannya berupa oleh-oleh untuk hidangan di rumah.

Jadi ada beberapa variasi ayam untuk disantap, untuk versi klasik dari ayam goreng Kalasan sekarang ini jarang sekali terlihat, yang ada sekarang kebanyakan sudah versi modern sebagai hidangan nasional yang populer. Sementara, untuk versi modern terlihat lebih menarik karena dilengkapi dengan lapisan atau kerak tambahan yang bahan-bahannya terbuat dari parutan lengkuas yang masih segar. Informasi mengenai ayam goreng dapat dilihat lagi di situs http://resepaneka.info/ yang memang menyajikan aneka resep masakan nusantara, salah satunya olahan ayam goreng seperti ayam goreng kalasan ini.



Bahan
– ayam kampung 1 ekor, dipotong cukup 4 bagian
– santan kelapa sebanyak 500 ml
– soda kue ½ sendok teh
– daun salam 2 lembar
– bawang putih 5 buah yang dihaluskan
– lengkuas 2 ruas dan dimemarkan terlebih dahulu
– garam secukupnya
– gjula merah secukupnya
– minyak goreng secukupnya


Bahan untuk sambal

– cabe merah 15 buah, atau bisa ditambah sesuai selera
– bawang merah 5 buah
– tomat 1 buah
– bawang putih 2 buah
– garam secukupnya
– gula secukupnya


Cara Membuat Ayam Goreng Kalasan Istimewa


1. pembuatan ayam goreng Kalasan
– rebus ayam yang disatukan dengan santan kelapa, soda kue, bawang putih dan bumbu lainnya yang sudah disiapkan sampai keadaan matang dan terlihat mengental
– oleskan bumbu kental supaya tidak terlalu mengkilat.

2. pembuatan sambal ayam Kalasan
– cabe merah dan tomat rebus terlebih dahulu, tambahkan bawang merah dan bawang putih serta garam dan terasi kemudian ulek-ulek hingga semua bahan menjadi halus.
– langkah selanjutnya tambahkan kaldu resbusan ayam dan tumis jangan terlalu lama.

Demikian Resep Ayam Goreng Kalasan Istimewa untuk saat ini, Versi modern lebih menyajikan ke cita rasa yang lebih ringan dan nikmat ketika memakannya sehingga ayam goreng Kalasan lebih diterima oleh orang yang berasal dari luar pulau Jawa. jenis makanan ini biasanya disajikan dengan nasi panas dan sayuran segar seperti selada, lemon, mentimun dan lain-lain. Tidak lupa sebagai penggoyang lidah Anda sudah tersedianya sambal yang siap untuk disantap. sudah ayam goreng, buat juga keripik pisang yang ini Resep keripik pisang goreng tepung khas lampung sebagai cemilan.
Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk kedua mencobanya ? silahkan coba saja.


Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Resep Ayam Goreng Kalasan Istimewa

Posted by inthemarginsofmymind, Published at 13.45.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar